5 Cara Mudah Mengatasi Memori Internal Penuh Pada Smartphone Tanpa Aplikasi

5 Cara Mudah Mengatasi Memori Internal Penuh Pada Smartphone Tanpa Aplikasi

Memori internal smartphone Anda tiba-tiba hampir habis padahal Anda merasa tidak menyimpan banyak file dan aplikasi? Meski terlihat sepele, sebaiknya jangan diabaikan begitu saja.

Karena selain membuat ponsel Anda menjadi lemot, ponsel akan cepat panas, dan aplikasi tidak bisa bekerja normal. Lebih parahnya lagi ponsel Anda akan reboot sendiri lalu bootlop yang menyebabkan eMMC ponsel rusak.

Nah, untuk mencegah kerusakan pada ponsel Anda, berikut 6 cara mudah mengatasi memory internal penuh tanpa harus menggunakan aplikasi:

1. Pindahkan File dari Memory Internal ke SD Card

Cara terpraktis mengurangi ruang penyimpanan penuh adalah dengan menghapus beberapa file seperti foto, musik, video, atau dokumen yang sekiranya tidak begitu penting.
Namun jika tidak memungkinkan untuk menghapus, Anda bisa memindahkan file tersebut dari memory internal ke SD Card (memory eksternal).

Berikut cara mengatasi memory internal penuh dengan memindahkan file:

  1. Buka menu “File Manager” pada ponsel Anda
  2. Lalu buka folder file Anda seperti “Music” atau “Gallery”, kemudian pilih file yang akan dipindahkan ke memory eksternal
  3. Klik opsi “Copy (menyalin)” atau bisa juga “Move (memindah)”
  4. Kemudian arahkan “Paste” pada folder penyimpanan di SD Card

2. Pindahkan Aplikasi ke Memory Eksternal

Sama halnya dengan memindahkan file, Anda juga bisa mengatasi memory internal penuh dengan memindahkan beberapa aplikasi ke memory eksternal atau Micro SD. Namun disarankan SD Card/Micro SD yang Anda gunakan berkapaitas besar seperti 4 Gb, 8 Gb, atau lebih dari itu.

Nah, berikut cara memindahkan aplikasi dari memory internal ke SD Card:

a. Buka menu “Pengaturan (Setting)”
b. Kemudian pilih “Setelan Tambahan” lalu “Manajemen Aplikasi” dan klik “Di Install”
c. Setelah itu cari “Nama Aplikasi”, lalu klik “Pindahkan ke SD Card”

3. Hapus Beberapa Aplikasi

Aplikasi biasanya memang paling banyak memakan tempat di ruang penyimpanan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda segera menghapus aplikasi yang sudah tidak diperlukan lagi. Adapun cara menghapus aplikasi untuk mengatasi memory internal penuh yaitu:

Pada menu “Pengaturan”, pilihlah “Setelan”, kemudian klik “Manajemen Aplikasi”
Lalu carilah “Nama Aplikasi (yang mau dihapus)”
Terakhir, tap “Hapus Instalasi”

4. Bersihkan Pesan atau SMS

SMS atau pesan dari aplikasi WhatsApp, Line, Facebook dan lainnya memang tidak berpengaruh banyak pada ruang penyimpanan. Namun dengan Anda menghapus SMS atau pesan akan sedikit mengurangi ruang penyimpanan yang hampir penuh.

Cara menghapus pesan tersebut juga sangatlah mudah. Cukup dengan memilih pesan yang akan Anda hapus, kemudian klik “Hapus”.

5. Setting Lokasi Penyimpanan pada Kamera

Nah, bagi Anda yang suka selfie atau mengabadikan moment menjadi sebuah foto maupun video ternyata cukup mempengaruhi ruang penyimpanan ponsel Anda sehingga perlu memindah penyimpanannya dari memory internal ke SD Card.

Adapun cara mengatur lokasi penyimpanan kamera untuk mengatasi memory internal penuh adalah sebagai berikut:

a. Bukalah aplikasi “Kamera” pada ponsel Anda
b. Lalu klik “Pengaturan Kamera” atau cari ikon “Gear”
c. Setelah itu pada menu “Lokasi Penyimpanan”, tap “SD Card”

Demikian cara mudah mengatasi memory internal penuh tanpa harus menggunakan aplikasi atau dengan me-root ponsel Anda. Segera kosongi ruang penyimpanan Anda sebelum ponsel Anda bermasalah. Selama mencoba!

Gadget