5 Tips Mudah Menulis Artikel Ilmiah Dijamin bisa

5 Tips Mudah Menulis Artikel Ilmiah Dijamin bisa

Menulis merupakan aktifitas yang biasa dilakukan oleh berbagai kelangan akademisi maupun non akademisi. Menulis kerap kali ditemukan dalam dunia pendidikan terutama mahasiswa dan dosen. Jenis tulisan yang sering dijumpai dalam dunia perkuliahan berupa artikel ilmiah. Menulis artikel ilmiah menjadi salah satu hal kegiatan umum dalam dunia akademik.

Artikel Ilmiah sedikit berbeda dengan artikel pada umumnya seperti artikel hasil observasi, artikel obituary, maupun jenis artikel lainnya. Menulis artikel ilmiah memilki beberapa perbedaan cara kepenulisan dibandingkan dengan artikel lainnya, perbedaan tersebut terletak pada kelengkapan dalam isi artikel, dalam artikel ilmiah perlu disertakan data berupa angka dan fakta untuk mendukung teori yang dipaparkan.

Dalam praktiknya masih banyak yang menganggap bahwa artikel ilmiah sangat sulit pembuatannya, hal ini didasari dengan adanya aturan khusus dalam kepenulisannya. Untuk memudahkan menulisa artikel ilimiah, berikut merupakan 5 tips awal mudah dalam menulis artikel ilmiah.

Menentukan Tema dan Topik Menarik

Menulis karya ilmiah sejenis artikel tentunya aspek yang pertama harus diperhatikan adalah tema dan topik. Tema dan topik menjadi pondasi awal untuk melanjutkan isi dalam artikel imiah. Pemilihan tema dan topik dalam artikel ilmiah tentunya harus menarik, hal ini diperlukan agar mampu menarik minat pembaca.

Menulis artikel ilmiah dengan tema dan topik menarik akan menjadi nilai lebih, untuk mendapatkan tema dan topik yang menarik perlu adanya observasi. Observasi dapat dilakukan dengan mengikuti perkembangan sekitar maupun melalui isu yang sedang ramai dibicarakan.

Membuat Kerangka Tulisan

Setelah menentukan tema dan topik, langkah selanjutnya dalam menulis artikel ilmiah adalah membuat kerangka tulisan. Kerangka tulisan dinilai Sangat diperlukan agar dalam proses menulis artikel dapat tersusun secara baik. Kerangka tulisan juga dapat membantu penulis agar lebih focus dan terarah dalam proses pembuatan artikel.

Kerangka tulisan dalam artikel ilmiah mencakup pembukaan , analisis masalah, landasan teori, serta hasil penelitan. Perlu diperhatikan dalam membuat kerangka tulisan artikel ilmiah perlu dilengkapi dengan fakta real yang juga didukung dengan angka-angka.

Menggunakan Bahasa Yang Sesuai

Penggunaan Bahasa yang sesuai dalam hal ini dimaksudkan agar penulis harus jeli melihat calon pembaca. Calon pembaca karya ilmiah sangat universal dan berasal dari segala aspek dan latar belakang yang beragam. Sehingga pemilihan Bahasa sangat bergantung dari target yang akan dituju. Apabila penulis menargetkan pembaca dalam situs tertentu, maka diperlukan observasi tambahan dalam mempelajari sebuah situs yang akan dituju.

Melakukan Observasi Yang Akurat

Observasi dalam menulis artikel ilmiah menjadi point yang tidak kalah pentingnya. Sebab inilah yang membedakan antara artikel ilmiah dan atikel lainnya. Oleh sebab itu observasi yang baik tentunya menjadi tolak ukur artikel ilimah tersebut layak dikonsumsi oleh para calon pembaca.

Dalam prakteknya observasi yang dilakukan harus memenuhi standart tertentu, observasi tidak harus dengan penelitian berat, observasi dapat dilakukan di sekitar kita didukung bukti yang kuat pula. Point pada observasi bukan dari seberapa berat materi penelitian, namun seberapa menarik penelitian tersebut bagi calon pembaca. Observasi juga dapat didukung oleh sumber-sumer teretntu yang mampu menambah dan menguatkan penilitian yang dilakukan.

Melakukan Evaluasi

Setelah melakukan semua langkah diatas, evaluasi dan pengecekan ulang sangat dianjurkan untuk menjamin system dan kepenulisan yang baik dan menghindari kesalahan fatal. Hal lain yang perlu dilakukan adalah pengecekan keseluruhan tulisan untuk memastikan apakah artikel ilmiah yang ditulis sesuai dengan tema awal dan tujuan yang diinginkan.
Jadi, itulah 5 tips awal yang mudah dalam menulis karya ilmiah berupa artikel Ilmiah. Menulis artikel ilmiah tentunya tidak sesulit yang dibayangkan asal sesuai dengan kaidah-kaidah kepenulisannya.

Others