Keindahan Wisata Pancuran Pitu Baturaden

Keindahan Wisata Pancuran Pitu Baturaden

Saya masih ingat lirik lagu milik koes plus, “Kolam susu dan tongkat, kayu, batu jadi tanaman”. Yah, itulah gambaran betapa suburnya, betapa indahnya bumi pertiwi ini. Hampir semua keindahan alam ada disini, mulai dari pantai, gunung, hutan, sungai, air terjun dan lainnya.

Termasuk wisata sejarah dan budaya. Salah satu keindahan tersebut ada di Purwokerto, yaitu Pancuran Pitu (tujuh). Di sebut pitu karena disitu ada tujuh pancuran (air terjun), yang kesemuannya itu spesial.

Spesial karena air pancuran tersebut berasa hangat tidak seperti air terjun pada umumnya. Kandungan belerang di dalamnya dipercaya berkhasiat untuk penyakit kulit, seperti gatal, kurap, kudis dan sebagainya.

Selain itu juga dipercaya mampu mengatasi pegal linu. Itulah kenapa wisata ini masuk dalam promosi dari Kementrian Pariwisata dengan tagline “Jateng Wonderfull”. Di area tersebut juga berjajar jasa pijat dengan belerang dengan durasi harga mulai Rp. 10.000-Rp. 5.000.

Kalau anda tidak tertarik pijat dan berendam, anda juga bisa membeli serbuk belerang dengan harga fariativ mulai dari Rp 15.000. Belerang tersebut dapat digunakan untuk mandi di rumah atau untuk oleh-oleh.

Tidak heran jika tempat wisata ini selalu ramai didatangi pengunjung, terutama disaat hari libur dan weekend, baik dari Jawa, dan juga luar Jawa sekalipun.

Sumber air di obyek wisata Pancuran Pitu Baturaden berasal dari Gunung Slamet (3428 Mdpl) yang berada di sebelah utara obyek wisata tersebut. Wisata ini sudah terkelola dengan baik, jadi anda tidak perlu kuatir, karena disana sudah ada toilet, mushola, dan jalan serta lingkungan yang sudah mendukung.

Selain kawasan hutannya yang masih asri, kepulan asap dari pancuran, bahkan tebing disekitarnya membuat pancuran pitu menjadi lebih eksotis dan mempesona untuk berselfi ria.

Tempat wisata yang masuk dalam area Kebun Raya Baturaden Kabupaten Banyumas lokasinya cukup dekat dengan Kota Purwokerto, dapat di tempuh kurang lebih 50 menit atau 18 kilometer dari Kota.

Area ini masuk tempat wisata Baturraden, tepatnya Desa Ketengger, Kecamatan Baturraden, Purwokerto, Jawa Tengah. Jadi anda bisa berwisata ke Baturraden terlebih dahulu, lalu dilanjutkan ke air terjun dengan berjalan kaki atau menggunakan jasa ojek atau menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke sana.

Lokasinya hanya berjarak kurang lebih 2 kilometer dari lokasi wisata Baturraden.

Kalau anda tidak berendam atau mandi disana, setidaknya anda merasakan sensasi mencuci tangan atau kaki dengan air panas alami yang mengandung belerang. Tidak hanya itu selepas merasakan sensasi air pancuran pitu anda juga wajib mencoba mendoan khas Banyumasan.

Hawa dingin Baturraden rasanya sangat pas jika dipadukan dengan mendoan hangat dengan cabe rawit (nyigit) atau dengan bumbu cair. Selain mendoan anda juga bisa menikmati sate kelinci, getuk goreng Banyumasan, dan sebagainya.

Jadi sobat piknik jangan lupa sisipkan schedule wisata anda ke pancuran pitu ya, pasti anda akan menyesal kenapa tidak dari dulu pergi kesana.

Wisata